Tips Agar Tidak Ngantuk Akibat Kurang Tidur


Kiat Agar tidak mengantuk akibat kurang tidur

Besok Ujian belum sempat ada persiapan, akhirnya begadang ga tidur semaleman, atau besok ada presentasi tapi lupa belum buat apa yang harus dipresentasikan besok, akhirnya lembur sampai pagi dan paginya tempur sampai sore lagi. Pemandangan seperti itu ga lagi asing di kalangan mahasiswa, pelajar dan kalangan lain. Kondisi tersebut mengakibatkan banyak yang menyepelekan waktu istirahat dan makan yang bergizi. Tak khayal banyak yang drop akibat ulah mereka sendiri, dari insomnia tingkat rendah sampai hepatitis, gangguan liver dan penyakit lain yang berbahaya sebenarnya mengincar tubuh yang terlalu diporsir tanpa memperhatikan porsi istirahat dan pola makan yang sehat.
Padahal masalah yang paling kecil akibat gangguan tidur atau kurang tidur satu malam saja paling tidak dapat membuat emosi tidak stabil, mengantuk, lesu, loyo, rentan kecelakaan dll. Kabar baiknya, seperti dikutip di suatu majalah ada 4 cara mencegah kantuk dan lelah akibat kurang tidur. antara lain:

1. Tidur siang dengan cara tepat
Ada pendapat mengatakan bahwa tidur kurang dari 30 menit di siang hari dapat membuat tubuh terasa lebih lelah lagi dibanding tidak tidur siang sama sekali. Hasil temuan di Harvard University mengungkapkan, tidur siang 1-1,5 jam di penghujung siang dapat membuat pikiran lebih jernih.
2. Posturkan Tubuh dengan baik dan benar
Tak sempat tidur siang? Coba posturkan tubuh dengan baik, jika anda dalam keadaan duduk, duduk lah dengan tegak. Postur tubuh yang buruk akan melelahkan otot, ligament, dan sendi harus bekerja lebih keras dibanding ketika tubuh lurus secara tepat. Lelah tambahan ini juga menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak sampai 30%
3. Menguyah
Mengunyah makanan setiap 2 jam sekali. Hal ini ternyata membantu gula darah tetap stabil. Hasilnya, kadar energi tetap tinggi sepanjang hari. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan tinggi protein dan hindari makanan berkadar gula tinggi, makanan bergula cepat membangkitkan energi tapi cepat turun lagi sehingga membuat tubuh lebih lelah dibanding sebelumnya.
4. Latihan Pernapasan
Menghela nafas dalam 30 detik. Mengisi paru dari atas sampai dasar membantu membuat tubuh tetap jaga karena mengisi darah dengan oksigen.

Tak lepas dari mendoping diri dengan makanan yang bergizi, setidaknya dengan 4 trik tadi dapat mengusir rasa “lungkrah” yang disebabkan oleh kurang tidur.

About these ads
Comments
34 Responses to “Tips Agar Tidak Ngantuk Akibat Kurang Tidur”
  1. artur mengatakan:

    boleh juga tuh tips anti ngantuknya

  2. Sarah mengatakan:

    boleh juga nih,,
    dapet darimana??

  3. suntea mengatakan:

    @sarah :
    dari buntel (buntel=bungkus) kacang goreng :D

  4. ndaz mengatakan:

    sing nomer 3,,

    ngelese kok pinter banget,, padune ben rak dilokne akeh mangan,,,,,

    :mlayubanterbanget:

  5. franz mengatakan:

    ada tips supaya tdk ngantuk sewaktu kerja(lagi sibuk) apa ya??

    kalau ngunyah makan masi ngantuk sih..

    thanks!

  6. dwi mengatakan:

    terima kasih, tapi sulit klo misalnya memang ngantuk berat. Intinya mesti nutrisi terpenuhi, kalau kurang bisa mengganggu konsentrasi.

  7. echi mengatakan:

    engga ngaruh :( tetep engga bisa tidur :(

  8. Anto'Nio' mengatakan:

    satu lagi tips biar ga ngantuk: blogwalking

    abis baca halaman ini jadi ga ngantuk (apalagi setelah posisi ngebenerin posisi duduk).. hehehe.. :D

  9. rid1 mengatakan:

    coba bersibuk sesibuk mungkin, walopun kurang tidur ttp bisa on

  10. miko mengatakan:

    makasih mas semoga aja bisa soale aku kalo nyetir sering ngantuk,akudah coba cara mcem tp tetep.
    akan aku coba makasih

  11. y42t mengatakan:

    masih ngantuuuukkk…!!!!

    • suntea mengatakan:

      eh klo masih ngantuk juga, cuba de jempalitan jungkir balik ato lari2 kecil trus ambil aer basuh muka trus liad kaca trus liad de muka sendiri..ntar paling ilang tu ngantuk gara2 histeris.. :))

  12. Arko mengatakan:

    If we always drink coffe . Apa yah penyebabnya???. TOLONG ADA YG JAWAB

  13. Yani mengatakan:

    Tolongin q y klau ada tips lg soalnya q wanita yg sibuk bgt! paginya q sekolah sampai siang trus sorenya q krja sampai mlam! jm 12 q br pulang krja! q dlam 1 hr tdur hnya 5 jm, pdhal min tdr dlm 1 hr 6 jm! bs ngasih tips lg g!!!! kirim ke e mail q y ( Yani_cewexbgt@yahoo.co.id ) plizzzzzzzz

    • suntea mengatakan:

      buat mbak yani…pengalaman aku dulu pas kerja di wnet…hampir tiap hari hanya punya waktu istirahat dari 4-5 jam aja buat tidur…
      kalo pribadi buat ngatasin itu sich aku konsumsi suplemen ama olahraga teratur mbak…setidaknya bangun tidur senam pagi lah…
      terus diusahakan siang ato sorenya tidur antara 30menit-1jam…dah itu dah lumayan bantu kug…oia makannya juga di jaga…jangan berlebihan jangan kurang..
      hehehe…sukses ya buat mbak yani

  14. erliz mengatakan:

    supaya gak ngantuk,lakukan aktivitas,kalomasih nganggur gakadakerjaan,maen game az.hehe

  15. Wajib mengatakan:

    Teur pararuguh euy… Kalo ini teh bukan tips tapi [CENCORED] :DD

  16. rista mengatakan:

    sambel dengel LALAH

  17. Ranty mengatakan:

    Tetep ngantuk gmn?….

  18. nawir mengatakan:

    bolehlah gue cba!!!!!!!!!

  19. uut mengatakan:

    aku coba deh krn ini penyakitku

  20. ryan mengatakan:

    ngantuk banget

  21. LoveLy mengatakan:

    waahh..
    bisa di coba ni :D
    setiap belajar ak pasti ngantuk !

  22. udin mengatakan:

    wah klo masih ngantuk banyak-banyak istighfar
    mungkin setan yang kipas-kipas

  23. samuel adinugraha mengatakan:

    thanks ya infonya :)

  24. manusia mengatakan:

    thanks mbak atas infonya… soalnya saya sering begadang

  25. leo mengatakan:

    klo num coffe ap ad esiko dengan kesehatan mbak????

  26. suntea mengatakan:

    buat mas leo…konsumsi caffein dlm jumlah yg banyak+keseringan juga g bagus…plg byk dlm shari konsumsi kopi hanya 1 cangkir -bukan jimbeng ato cawan- dr yg pnah sy bc..Konsumsi kafein belebih bisa rentan hipertensi..Merusak kwalitas sperma.. Dan plg parah bisa menyebabkan stroke dini… Tapi kalo mau keterangan lbih lanjut bisa searching ttg riset bayaha kafein :)

  27. nurul mengatakan:

    THAnks
    kan dicoba:)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: