DASAR WAP


WAP homepage sangat berbeda dengan HTML homepage. Bahasa markup dokumen pada WAP adalah WML (Wireless Markup Language). WML menggunakan tag – seperti HTML – tetapi tata penulisannya mengikuti aturan standar XML 1.0.

WML page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki ekstensi *.HTML.
Tag WML

WML memiliki muatan mayoritas teks. Tag yang akan memperlambat komunikasi dengan peralatan yang dapat dibawa ke mana-mana (mobile) bukanlah standar WML. Penggunaan tabel dan gambar dalam WML bukanlah hal yang di standarkan karena akan memperlambat akses.

Sejak WML merupakan aplikasi XML, semua tag di dalamnya bersifat case sensitive ( tidak sama dengan ), dan semua tag harus diberi tag penutup.
WML Deck dan WML Card

WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun sebagai kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain dengan link. Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card di dalam halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan dengan phone computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses tambahan ke server.
Contoh Dokumen WML:

Sebagaimana kita lihat dalam contoh itu, Dokumen WML adalah dokumen XML. DOCTYPE mendefinisikan wml, dan DTD diakses pada http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml.

Isi dokumen di dalam tag…. Setiap card dalam dokumen diberi tag …, Paragraf ditulis di antara tag

. Setiap elemen card memiliki sebuah id dan sebuah title.

Comments
One Response to “DASAR WAP”
  1. wahid mengatakan:

    sunt,, untuk perkembangan ke depan apa teknologi WAP bener2 masih dibutuhkan,,? bukannya sekarang sudah banyak lahir gadget yang bisa terintegrasi ma web browser..jadi bisa langsung akses ke web yang bukan wap.. n sekarang juga tarif akses data juga dah lebih murah tuh,,,? so akankah wap akan bertahan,,? ato akan tenggelam..?

    wahid
    salman
    al farizi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: