Tawassul


Kemaren pas terakhir posting sebelum posting artikel ini, ada komen sing nyangkut n sempat bikin otak kiriku berputar dan otak kananku jungkir balik…halah ko hipebol banged sey, ada yang bilang “tawassul yang indah..” dan apa itu artinya aku tak tau…😀 hehe..kagak tau banyak tentang gituan sey…

Alhasil setelah beberapa hari bertanya2, dan bergumam sendiri, terngiang ngiang..halah… dan kutemukan jawabannya di mbah google..tada…ketemu de…:D hehe pa’dhe…I got it…

Beginilah ceritanya…
Tawassul itu gamblangnya berdoa lewat perantara, perantarane itu boleh waliyullah, Rosulullah, ato orang yg dianggep deket ma Allah lah… Nah, tawassul sendiri bisa dilakukan dengan beberapa macem. Ney aku kasi 3 cara, yaitu:

  • nomer atu : ketika masi idup
    maksutnya, kita minta do’a lewat perantara yang masi idup, semisal minta diodakan untuk di ampuni dosa, lapang rejeki de El eL lah…pokoke hajat kita gitu…tentunya ama waliyullah kaya sing tak sebutin tadi..
  • nah yang ke dua: bertawassul kpd Rosululloh setelah ia wafat
    nah, disini ney yang bikin kepleset..ati ati…syarat tawassul yang tak baca dari sini itu nyebutin kalo:
    – tawassul itu kita jadikan perantara yang kita cintai itu, dengan keyakinan Allah juga cinta ma orang itu
    – kita ndak boleh berkeyakinan kalo perantara tadi dapat memberi manfaat ato madlorot, bisa bisa syirik ntar
    – trus yang terakir tak copast dari sini ney “Tawassul merupakan salah satu cara dalam berdoa. Banyak sekali cara untuk berdo’a agar dikabulkan Allah, seperti berdoa di sepertiga malam terakhir, berdoa di Maqam Multazam, berdoa dengan mendahuluinya dengan bacaan alhamdulillah dan sholawat dan meminta doa kepada orang sholeh. Demikian juga tawassul adalah salah satu usaha agar do’a yang kita panjatkan diterima dan dikabulkan Allah s.w.t. Dengan demikian, tawasul adalah alternatif dalam berdoa dan bukan merupakan keharusan.”
  • nomer 3 :tawassul pake amal sholeh
    maksute kita tawassul lewat amalan kita, misal kita baca Al-Qur’an, kita puasa, kita beramal lah pokoknya..

Tetapi, yang namanya orang pasti banyak yang berpendapat…yah ini juga termasuk khilafiyah…ada yang memperbolehkan, tapi ada juga yang tidak memperbolehkannya…semua tergantung dan dikembalikan ke keyakinan masing-masing sey…yah..klo ada salah tulis kasih komen langsung aja de…biar langsung ketauan salahku…biar gak memelihara dosa gitu… :p

Comments
2 Responses to “Tawassul”
  1. ndaz mengatakan:

    whoa,, komenku jadi kasus…😀

    sun, boleh tidaknya tawassul emang masinh diperdebatkan dikalangan ummat awam kayak kita2 orang ini.. tapi di kalangan ulama-ulama yang terpandang karena ilmunya (semoga alloh memberkati mereka) tawassul bukan merupakan masalah khilafiyah.. karena telah jelas hukumnya seperti jelasnya matahari (sun :p) disiang hari,,

    klo aku lebih condong ke referensi yang http://www.almanhaj.or.id/content/1305/slash/0 sun.. cz penulisnya bukan sekedar penulis blog, atau pembuat website agamis, tapi ga tau agama, penulisya merupakan dewan ulama yang mumpuni ilmunya dan dapat dipertanggung jawabkan perkataannya…

    dari tulisan tersebut, aku menyimpulkan tawassul yang boleh thu adalah :
    -> dengan asma dan sifat Alloh.
    -> dengan amalan sholeh
    -> dengan meminta doa kepada orang sholeh yang MASIH HIDUP

    sedangkan tawassul dengan perantara nabi muhammad adalah tidak diperbolehkan,, karena beliau telah meninggal dunia.. dan tidak ada riwayat yang dapat dipertanggung jawabkan bahwa sahabat pernah bertawassul dengan perantara beliau setelah beliau meninggal..

    Wallohu a’lam,

  2. suntea mengatakan:

    ooo…gitu…alhamdulillah…ada yang benerin…:P
    hehehe…link itu lupa tak cantumin…padahal aku juga baca…ye maap…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: