Perawatan Kompor Gas


Gambar Kompor Gas Setelah pemerintah melakukan konversi minyak tanah ke Gas sepertinya sudah jarang ditemui yang di dalam rumah penduduk ga ada kompor gasnya.

Meski kompor gas sudah menjamur, ternyata ga jarang loh orang yang masih takut make karena ga tau cara make dan ngrawatnya. Alhasil diongkrokinlah si kompor gas di atas lemari, dan nasib tabungnya cuma bisa dituker ama beras dan lain-lain😛.

Sebetulnya ngrawat kompor gas itu gampang, asal telaten dan teliti Insyaalloh aman-aman aja kog. Yang paling penting dari menggunakan kompor gas adalah ga boleh teledor.

Secara Umum Perwatan Kompor Gas adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan bekas-bekas kuah sayur ato cipratan minyak goreng dengan kain lap kering.
  2. Bersihkan tungku pengapian dan lubang keluarnya gas. Jangan sembarang membersihkannya, gunakan jarum/tusuk gigi atau menggunakan sikat gigi yang sikatnya lembut.
  3. Perhatikan selalu posisi tabung gas. Pengalaman saya selama ini ga tau ney valid pa ga, penempatan tabung gas ternyata sangat mempengaruhi terjadinya kebocoran gas. Dulu dirumah ibu sering pake tabung yang gede dan berhubung kompornya dibikinin tempat permanen setinggi kurang lebih ±70cm jadi ga ada masalah karena selang regulatornya hampir sejajar n ga terlalu nukik ke bawah, tapi setelah ada konversi gas tabung kecil yang warna ijo dan karena tabungnya ga di kasih tatakan kursi ato kayu gitu langsung dari lantai, alhasil gasnya sering banget bocor n sering gonta ganti karet gas. Jadi lebih baik tentukan posisi selangnya agar gas dapat mengalir tanpa hambatan sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran gas. Selain posisi selang/regulator gas, periksa juga karet pada mulut tabung gasdalam keadaan bagus ato tidak. Karet yang terlalu lentur ato terlalu keras juga dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya kebocoran gas.

Secara umum memang ga susah n ga ribet kan ngrawat kompor gas.  Untuk masalah tabung gas yang meledak sebenarnya bukan tabungnya yg gampang meledak. Tapi kebocoran gas yang akhirnya gas memenuhi ruangan yang menjadikan ruangan tersebut bersifat explosiv sehingga ketika ada api/percikan api maka dengan mudah akan tersulut api yang lebih besar dan terjadi ledakan gas. CMIIW😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: