Tips Tangan Tetap Lembut Meski Mencuci Kucek


mengucek pakaianSalah satu kebutuhan hidup manusia selain pangan adalah sandang. Jadi, sebagai ibu rumah tangga hari-hari selain masak ya kerjaannya nyuci mencuci ^_^.

Dulu sewaktu kost SMA, berhubung belum jamannya laundry murah menjamur kek sekarang, jadi baju kotor terpaksa harus nyuci pake tangan. Sering banget dulu kalau nyuci tangan krasa panas banget akibatnya kulit tangan mengelupas atau ngglodoki (istilah jawa -pen). Kalo ga ngglodoki ya tangan jadi pada belubang n lecet-lecet. Kadang jadi malu ma temen, karena jadi bahan usilan temen-temen. :”(

Tapi lama kelamaan akhirnya sekarang mau nyuci seember penuh, nyuci jaket jaket suami, nyuci kain berat enjoy aja tanpa harus khawatir kulit tangan jadi mengelupas dan iritasi. ^_^ bukan berarti nyuci pake mesin cuci loh🙂

Sebenernya tipsnya mudah kog, kalo pengen kulitnya tetep lembut. Sebagian pengalaman saya sih seperti ini:

  1. Biar kotorannya mudah diangkat pas pengucekan cucian kotor direndam dulu pake air dingin minimal 30 menit (boleh lebih). Pisahkan cucian berwarna ama cucian putih. Trus untuk baju baru ato batik jangan terlalu lama direndem, bikin ngrusak kualitas baju ntar.
  2. Setelah direndem pake air, angkat dan peras ga perlu sampai kering ^_^ kemudian masukkan ke dalam larutan deterjen. Rendam lagi kurang lebih selama 30 menit. Untuk noda membandel jangan memakai air hangat untuk merendam, bisa juga direndam lebih dari 30 menit tergantung jenis kain dan tingkat kebandelan noda.
  3. Jangan terlalu berlebih dalam menggunakan deterjen (hemat bu ^_^). deterjen yang terlalu banyak, sementara pakaian tidak terlalu kotor dan cuma sedikit justru terkadang pada jenis kulit tertentu membuat iritasi kulit.
  4. Jangan pernah langsung mengucek cucian kotor tanpa merendam dulu. Karena menurut pengalaman saya, ketika langsung mencuci tanpa direndam tangan terasa panas dan sering-seringnya bikin kulit mengelupas. Dan menurut opini saya ga tau bener pa ga pas deterjen baru dilarutkan, kandungan kimia yang berada di deterjen (kek pemutih, bahan yang bikin ngangkat noda lupa namanya apa, dan kandungan alkali) masih tinggi, jadi kalo langsung kontak dengan tangan, tangan kita deh yang jadi korban. Kan sayang kalo cantik-cantik tapi tangannya bulukan😛
  5. Lagian sembari nunggu cucian pan bisa ngerjain yang lain. Jadi ya ga terlalu buang-buang waktu lah. ^_^

  6. Setelah selesai mencuci, jangan lupa bilas pakaian dan tangan hingga bersih, jangan biarkan tangan masih berlumuran bekas air cucian. Hal ini juga mempengaruhi pH kulit yang bisa bikin iritasi.

Kurang lebih begitulah tips simple dari saya.

Tambahan sedikit buat para ibu-ibu ato none-none ato para pembaca yang nyuci kalo direndem kelamaan ngerendem jadi bau cuciannya. Sebenernya ada beberapa deterjen kalo dia buat ngerendem cucian kotor semaleman ato lebih baunya kek got hyialllkk :muntah:. Bau itu ditimbulkan karena deterjen tersebut menggunakan filler (bahan penambah isi deterjen), meski ga semua filler bikin bau kalo di rendem kelamaen. Tapi untuk menghindari hal tersebut biasanya aku pilih deterjen yang gada fillernya ato yang fillernya ga terlalu bikin bau. Emang sih deterjen yang ga da fillernya biasanya lebih mahal, tapi ga papa lah. Ato biasanya kalo lagi males beli yang mahal n ngirit ya seringnya ngoplos deterjen bukan saran yang saya sarankan untuk diikuti😛. Tapi lebih bagus lagi kalo ngrendemnya ga pake lama n ga pake lupa ^_^v

Sekian dari saya. ^_^ CMIIW

Comments
One Response to “Tips Tangan Tetap Lembut Meski Mencuci Kucek”
  1. dewi mengatakan:

    mbak, deterjen yg ga ad filler nya contohnya merk apa ya??
    tangan ku rusak parah gra2 deterjen bubuk anti noda,,,,
    makasih infonya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: