Atasi Missing Driver Hardware Komputer


Sering kali sistem operasi windows terkena virus. Terkadang serangan virus ini sangat menyebalkan meski sudah terpasang proteksi antivirus tetap saja virus itu melenggang bebas menjangkiti dan membuat “batuk” sistem operasi kita (windows). Adakalanya virus dapat dihandle dan sistem operasi dapat dipulihkan kembali hanya dengan beberapa antivirus. Namun tak jarang pula terdapat virus yang tak dapat hilang kecuali format dan instal ulang drive yang terjangkiti. Ini yang sering bikin males karena dengan instal ulang berarti harus menginstal driver-driver hardware agar hardware dapat digunakan secara maksimal. Celakanya lagi bagi yang membeli komputer 2nd ato bahkan baru tapi ga disertai cd driver. Instal ulang menjadi momok yang menakutkan. Bak makan buah simalakama. Tak di instal ulang sama dengan membiarkan virus memperparah kondisi komputer, di instal ulang pun komputer tak dapat berjalan maksimal.
Ada banyak cara sebenarnya. Salah satunya mendownload driver-driver yang kita inginkan. Namun terkadang beberapa dari kita susah mengidentifikasi driver mana yang cocok sesuai kebutuhan komputer kita.

Langkah awal adalah mendeteksi dan pilih device mana yang akan anda cari drivernya. Buka Device Manager dengan cara klik kanan pada My Computer pilih Properties masuk ke tab Hardware klik Device Manager. Temukan device yang ada tanda ? ato tanda x. Biasanya device ini bermasalah. Klik kanan device tersebut pilih Properties. (Pada kasus ini yang bermasalah adalah NIC)

Setelah anda klik Properties maka akan muncul jendela NIC Properties seperti tampak dibawah ini. Masuk ke tab Details kemudian pilih Device Instance Id kemudian pilih id yang muncul klik dan copy id tersebut (ctrl+c)

Langkah selanjutnya adalah buka browser kita menuju ke www.devid.info
Pada kotak isian pencarian pada web site devid silahkan paste id yang anda copy pada device manager tadi.

klik search, setelah muncul beberapa opsi pilihan driver. Pilih dan klik salah satu driver yang kompatibel dengan hardware anda. Download dan install drivernya.

sumber materi dari blog sebelah

Comments
2 Responses to “Atasi Missing Driver Hardware Komputer”
  1. sogellizer mengatakan:

    yg pling top pke antivirus yg premium… ane ngejamin aman…..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: